Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Orbit di Telkom Renon

Main Article Content

Komang Ayu Savitri Merianti Dyastama Putri
I Gede Deddy Rahmat
I Wayan Ruspendi Junaedi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan Orbit di Telkom Renon. Metode penelitian yang digunakan berupa Analisis SWOT dan Analisis Matriks SWOT Metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Oleh karena itu, penulis terlebih dahulu mengetahui bagaimana keadaan perusahaan serta mencari tahu faktor internal dan eksternal apa saja yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran yang ada pada Telkom Renon. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner langsung pada karyawan divisi Orbit dan wawancara dengan Manager dan Admin divisi Orbit. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada perusahaan. Setelah itu melakukan analisis Matrik SWOT dengan IFAS dan EFAS yang keduanya dibandingkan dan dapat menghasilkan alternatif strategi. Hasil penelitian ini tunjukan oleh Analisis Matrik SWOT bahwa strategi pemasaran yang dapat diterapkan yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan promosi dengan informasi yang mudah dimengerti oleh kalangan masyarakat dan memberikan kualitas Orbit yang terbaik kepada konsumen, bekerja sama dengan pihak ketiga seperti influencer dan selebgram dalam melakukan kegiatan promosi serta memperhatikan kompetitor lain yang menjual produk sejenis

Article Details

How to Cite
Putri, K. A. S. M. D., Rahmat, I. G. D., & Junaedi, I. W. R. (2024). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Orbit di Telkom Renon. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 3(1), 27–34. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadiksi/article/view/3393
Section
Articles

References

Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada

Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda), eJournal Administrasi Bisnis, 3 (1): 244-258.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok :

PT Raja Grafindo Persada

Anjani, Arin. (2015) Analisis Strategi Pemasaran Produk Indihome PT Telkom

Kandatel Bantul.Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta : Diploma III Universitas Negeri Yogyakarta.

Assauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta

: PT. Rajagrafindo Persada

A. Sindoro. (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 5. Jilid 2. Intermedia. Jakarta.

Budi.(2013). Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung

Diwilayah Paku Haji.Tesis tidak diterbitkan.Bandung: Program Studi Keperiwisatawan UPI Bandung.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

David, Fred R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta

Hasan, Ali. (2015). Tourism Marketing. Jilid II. Center For Academic Publishing

Service: Yogyakarta.

Hasan, Ali. (2008). Marketing. Media Prissindo: Yogyakarta.

Hotler. Philip dan Keler, Kevin lane.2009. Manajemen Pemasaran.(Edisi Ketiga

Belas) Jilid 1 Erlangga

Karnelis. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Konsumen

menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase, 6(1).

Kismono, Gugup. (2011). Bisnis Pengantar. BPFE: Yogyakarta.

Kismono, Gugup. (2011). Bisnis Pengantar. Edisi dua. BPFE UGM: Yogyakarta.

Kotler, dan Amstrong. (1997). Dasar-dasar pemasaran. Jilid 1 dan 2: Jakarta.

Kotler and Armstrong. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid 1 edisi 12. Jakarta:

Erlangga.

Kotler, dan Amstrong. (2012). Principles Of Marketing. New Jersey: Princes

Hall.

Kotler, dan Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition:

Pearson Prentice Hall.

Kotler, dan Lane, K. (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilit I. Erlanga:

Jakarta.

Kotler, P. dan G. Armstrong. (2010). Marketing Management. The Millenium

Edition. Prentice Hall.

Kotler, P. Dan Keller, K.L 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2.

Jakarta: Erlangga

Payne. (2001). The Essanle Of Service Marketing. Andi dan Person Education

Asia PTE. L. td: Yogyakarta.

Philip, K., dan Amstrong, G. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12 Jilid 2.

Erlangga: Jakarta.

Rachmawati, Rina. (2011). Jurnal Kompetensi Teknik: Peranan Bauran

Pemasaran (Marketing Mix) terhadap peningkatan penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Resto), (Online), Vol. 2, No.2,

Rahmat, I. G. D. (2020). Menguji Strategi Desa Wisata dalam Membangun

Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi) Volume, 7, 628-639.

Rahmat, I. G. D., Adnyana, G. F., & Junaedi, I. W. R. (2022). Pengembangan

Ekonomi Kreatif Pada Sanggar Tenun Kembar Sari Desa Batuagung, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1151-1156.

Sawitri, D., Martaleni., dan Febry, A.B.K.D. 2016. Jurnal Manajemen Bisnis

Indonesia: Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Swastawan, dan Irawan. (2005). Asas-asas Marketing. Liberty: Yogyakarta.

Sutopo, H. B. (2013). Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam

Penelitian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Swasta, B. dan T. H. Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa dan

Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy and Chandra, Gregorius, 2012. Pemasaran Strategik Edisi Dua,

Yogyakarta: CV. Andi Offset 2000. Prinsip dan Dinamika Pemasaran Edisi Pertama, Yogyakarta: J & J Learning.

Widyaningrum, E.D. (2012). Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo,

Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Indonesia