PERANAN E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KALLISTA SHOP DENPASAR JUDUL(STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE KALLISTA SHOP DENPASAR DI MARKETPLACE)

Authors

  • Dika, IW
  • Ambaradewi, NLG
  • Arta, IKJ
  • Imawati, IAPF

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2499

Keywords:

strategi pemasaran, peningkatan penjualan, toko online.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pemasaran toko online dalam meningkatkan penjualan, pada saat pandemi Covid 19 sekarang ini. Perusahaan pada umumnya menggunakan bermacam-macam strategi untuk meningkatkan volume penjualan, salah satunya dengan menggunakan E-Marketing. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada informan dalam penelitian ini yaitu pemilik toko online Kallista Shop. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : 1) Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran e-Marketing terhadap Volume Penjualan pada Toko Online Kallista Shop Denpasar secara positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai t-hitung sebesar 3,231 lebih besar dari t-tabel 2,032 dan signifikansi 0,03 < 0,05; 2) Hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi pemasaran e-marketing terhadap volume penjualan Toko Online Kallista Shop Denpasar dengan nilai F = 10,440, dan Signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran e-marketing berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan; 3) Dari hasil uji tersebut dapat diketahui bahwa koefisien determinasi(Adjusted R Square) yang diperoleh sebesar 0,235, yang berarti bahwa variabel strategi pemasaran e-marketing dapat menjelaskan volume penjualan pada Toko Online Kallista Shop Denpasar sebesar 23,5% sedangkan sisanya 76,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis penelitian ini.

References

] Adrianto, A. D., & Khairunnisa. (2017). Analisis Value at Risk (VAR) Dengan Metode Historis Serta Penerapanya Dalam Sub Sektor Rokok. eProceedings of Management, 1437-1444.

] Amstrong, G., & Kotler., P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

] Cummins, J., & Mullin., R. (2008). Sales Promotion : How to Create, Implement & Integrate Campaigns That Really Work Campaigns That Really Work. London: Kogan Page.

] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi IV. (2008). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

] Iksan. (2004). Manajemen Strategis; Dalam Kompetisi Pasar Global. Jakarta: Gaung Persada Press.

] Makki, S. (2020, Desember 11). ‘Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206206.

] Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated. Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

] Sofian, E. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

] Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

] Suprihanto, M. A. (1986). Manajemen Perusahaan Pendekatan Operasional. Yogyakarta: BPFE.

] Suyadi Prawirosentono, D. (2004). Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 (Total Quality Management). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

] Tjipnoto, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Dika, IW, Ambaradewi, NLG, Arta, IKJ, & Imawati, IAPF. (2023). PERANAN E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KALLISTA SHOP DENPASAR JUDUL(STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE KALLISTA SHOP DENPASAR DI MARKETPLACE). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(3). https://doi.org/10.36002/jutik.v9i3.2499

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.