PEMBUATAN GAME EDUKASI SENI BUDAYA TEBAK NAMA TARIAN TRADISIONAL BAGI ANAK (STUDI KASUS SD NO.3 KEROBOKAN KAJA)

Authors

  • I Gede Agus Rama Junior
  • Ketut Queena Fredlina
  • I Gede Putu Krisna Juliharta

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v9i4.2571

Keywords:

Game, GDLC, Edukasi, Tarian Tradisional, Construct 2

Abstract

Indonesia memiliki kesenian tari. Dalam perkembangan teknologi seperti saat ini tidak hanya pada
bidang pengetahuan saja tetapi sudah ke alat permainan game anak seperti smartphone. Game dapat
dipergunakan untuk mempermudah dalam kegiatan belajar. Seperti halnya pada siswa Sekolah Dasar
No.3 Kerobokan Kaja, dalam hasil wawancara bahwa masih kurangnya media pembelajaran secara
digital untuk siswanya terutama pada mengenai kesenian tari.Metode penelitian yang digunakan untuk
membangun game edukasi ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC).peneliti mulai
mengimplementasi pembuatan game edukasi mengunakan construct 2 dan melakukan penujian
aplikasi game kepada siswa. dalam pengujian ini juga mengunakan kuesioner atau angket skala Likert
untuk melihat hasil kepuasan siswa mengenai pembuatan game edukasi sebagai media pembelajaran
secara digital guna menambah wawasan untuk anak atau siswa di Sekolah Dasar No.3 Kerobokan
Kaja, dapat di tarik kesimpulan dari hasil angket bahwa game edukasi sentai mendapat respon baik
dari pihak siswa dengan memperoleh persentase 94% dengan kategori “Sangat Baikâ€

References

P. W. & W. Handayaningrum,

“Pesona Tari sebagai Aset Pariwisata

Budaya Indonesia,†vol. Vol.7 No4,

H. Nuryani, B. Hutagulung,

W. Purwaningsih, and A. Mustadi,

“Implementasi Karakter Cinta Tanah

Air Pada Kesenian Tradisional Jawa

Indonesia,†J. Pendidik. Dasar, vol. 11,

no. 1, pp. 75–85, 2020.

F. Y. Al Irsyadi, R. Annas,

and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk

Pengenalan Benda-Benda di Rumah

bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,†J.

Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–

, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.

F. Yasin Al Irsyadi, A. Prasuci

Priambadha, and Y. Indra Kurniawan,

“Game Edukasi Bahasa Arab untuk

Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam

Terpadu Nahdlatul Ulama Cepogo,†J.

Manaj. Inform., vol. 10, no. April, pp.

–66, 2020, doi:

34010/jamika.v10i1.

A. Yusnita, A. Y. Rangan, and

F. Setiawan, “Membangun Game Fun

Animal Puzzle Menggunakan Algoritma

Shuffle Random,†Sebatik, vol. 15, no. 1,

pp. 1–6, 2016, doi:

46984/sebatik.v15i1.68.

N. A. Sriwahyuni and Mardono,

“Pengembangan Media Pembelajaran

Game Edukasi Pada Mata Pelajaran

Ekonomi Kelas X Iis Sma Laboratorium

Universitas Negeri Malang,†J. Pendidik.

Ekon., vol. 9, no. 2, pp. 116–127, 2016.

H. Kusniyati and N. S.

Pangondian Sitanggang, “Aplikasi

Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis

Android,†J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1,

pp. 9–18, 2016, doi:

15408/jti.v9i1.5573.

S. . Ayu, Sutardi, and L. Tajidun,

“Rancang Bangun Game Edukasi Puzzle

Kebudayaan Sulawesi Tenggara Dengan

Algoritma Fisher-Yates Shuffle,â€

semanTIK, vol. 3, no. 1, pp. 29–38, 2017.

N. V. Sandi, “Pembelajaran Seni

Tari Tradisional Di Sekolah Dasar,†J.

Dialekt. Jur. PGSD, vol. 8, no. 2, pp.

–161, 2018.

A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R.

Yusron, “Pembuatan Game Edukasi

Pengenalan Kebudayaan Indonesia

Menggunakan Metode Game

Development Life Cycle ( GDLC )

Berbasis Android,†J. Autom. Comput.

Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.

A. D. Hartanto, W. Mega, P. Dhuhita,

and A. Tinangon, “Perancangan Game

Multiplatform Menggunakan Scirra

Construct 2 Dan Html 5,†Simp. Nas.

RAPI XIII, pp. 91–98, 2014.

M. K. Hakky, R. H. Wirasasmita, and

M. Z. Uska, “Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Android untuk

Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran

Sistem Operasi,†EDUMATIC J.

Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 24,

, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.868.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

I Gede Agus Rama Junior, Ketut Queena Fredlina, & I Gede Putu Krisna Juliharta. (2023). PEMBUATAN GAME EDUKASI SENI BUDAYA TEBAK NAMA TARIAN TRADISIONAL BAGI ANAK (STUDI KASUS SD NO.3 KEROBOKAN KAJA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(4). https://doi.org/10.36002/jutik.v9i4.2571

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.