PEMBUATAN GAME EDUKASI SENI BUDAYA TEBAK NAMA TARIAN TRADISIONAL BAGI ANAK (STUDI KASUS SD NO.3 KEROBOKAN KAJA)
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v9i4.2571Keywords:
Game, GDLC, Edukasi, Tarian Tradisional, Construct 2Abstract
Indonesia memiliki kesenian tari. Dalam perkembangan teknologi seperti saat ini tidak hanya pada
bidang pengetahuan saja tetapi sudah ke alat permainan game anak seperti smartphone. Game dapat
dipergunakan untuk mempermudah dalam kegiatan belajar. Seperti halnya pada siswa Sekolah Dasar
No.3 Kerobokan Kaja, dalam hasil wawancara bahwa masih kurangnya media pembelajaran secara
digital untuk siswanya terutama pada mengenai kesenian tari.Metode penelitian yang digunakan untuk
membangun game edukasi ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC).peneliti mulai
mengimplementasi pembuatan game edukasi mengunakan construct 2 dan melakukan penujian
aplikasi game kepada siswa. dalam pengujian ini juga mengunakan kuesioner atau angket skala Likert
untuk melihat hasil kepuasan siswa mengenai pembuatan game edukasi sebagai media pembelajaran
secara digital guna menambah wawasan untuk anak atau siswa di Sekolah Dasar No.3 Kerobokan
Kaja, dapat di tarik kesimpulan dari hasil angket bahwa game edukasi sentai mendapat respon baik
dari pihak siswa dengan memperoleh persentase 94% dengan kategori “Sangat Baikâ€
References
P. W. & W. Handayaningrum,
“Pesona Tari sebagai Aset Pariwisata
Budaya Indonesia,†vol. Vol.7 No4,
H. Nuryani, B. Hutagulung,
W. Purwaningsih, and A. Mustadi,
“Implementasi Karakter Cinta Tanah
Air Pada Kesenian Tradisional Jawa
Indonesia,†J. Pendidik. Dasar, vol. 11,
no. 1, pp. 75–85, 2020.
F. Y. Al Irsyadi, R. Annas,
and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk
Pengenalan Benda-Benda di Rumah
bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,†J.
Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–
, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.
F. Yasin Al Irsyadi, A. Prasuci
Priambadha, and Y. Indra Kurniawan,
“Game Edukasi Bahasa Arab untuk
Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Nahdlatul Ulama Cepogo,†J.
Manaj. Inform., vol. 10, no. April, pp.
–66, 2020, doi:
34010/jamika.v10i1.
A. Yusnita, A. Y. Rangan, and
F. Setiawan, “Membangun Game Fun
Animal Puzzle Menggunakan Algoritma
Shuffle Random,†Sebatik, vol. 15, no. 1,
pp. 1–6, 2016, doi:
46984/sebatik.v15i1.68.
N. A. Sriwahyuni and Mardono,
“Pengembangan Media Pembelajaran
Game Edukasi Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Kelas X Iis Sma Laboratorium
Universitas Negeri Malang,†J. Pendidik.
Ekon., vol. 9, no. 2, pp. 116–127, 2016.
H. Kusniyati and N. S.
Pangondian Sitanggang, “Aplikasi
Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis
Android,†J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1,
pp. 9–18, 2016, doi:
15408/jti.v9i1.5573.
S. . Ayu, Sutardi, and L. Tajidun,
“Rancang Bangun Game Edukasi Puzzle
Kebudayaan Sulawesi Tenggara Dengan
Algoritma Fisher-Yates Shuffle,â€
semanTIK, vol. 3, no. 1, pp. 29–38, 2017.
N. V. Sandi, “Pembelajaran Seni
Tari Tradisional Di Sekolah Dasar,†J.
Dialekt. Jur. PGSD, vol. 8, no. 2, pp.
–161, 2018.
A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R.
Yusron, “Pembuatan Game Edukasi
Pengenalan Kebudayaan Indonesia
Menggunakan Metode Game
Development Life Cycle ( GDLC )
Berbasis Android,†J. Autom. Comput.
Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.
A. D. Hartanto, W. Mega, P. Dhuhita,
and A. Tinangon, “Perancangan Game
Multiplatform Menggunakan Scirra
Construct 2 Dan Html 5,†Simp. Nas.
RAPI XIII, pp. 91–98, 2014.
M. K. Hakky, R. H. Wirasasmita, and
M. Z. Uska, “Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Android untuk
Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran
Sistem Operasi,†EDUMATIC J.
Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 24,
, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.868.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.