EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PELATIHAN DIGITAL ASURANSI MANULIFE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EUCS DAN IPA

Authors

  • Desak Putu Ayu Aprilia
  • I Komang Dharmendra
  • Ni Kadek Mesi Damayanti
  • Nyoman Ayu Nila Dewi

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.3000

Keywords:

MiLearn, Kepuasan Pengguna, EUCS, IPA, Analisis

Abstract

Manulife Indonesia menawarkan berbagai layanan keuangan termasuk asuransi jiwa,
asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada konsumen individu
maupun pelaku usaha di Indonesia. Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pelatihan bagi
agennya, pada tahun 2020 lalu Manulife Indonesia mengembangkan aplikasi pelatihan digital untuk
tenaga pemasar baik agen maupun finansial spesialis Manulife. Aplikasi MiLearn digunakan sebagai
alat bantu untuk para agen dalam melayani nasabah dan dapat membantu meningkatkan
keterampilan serta pengetahuan tentang asuransi dengan cara mengakses aplikasi yang dapat
dilakukan dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas. Tujuan dari
penelitian ini adalah melakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi MiLearn
menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel yaitu
Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Kemudian metode IPA (Importance
Performance Analysis) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepentingan dan tingkat kinerja atribut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
kuesioner yaitu google form dengan 59 responden dari agen MGM Bali yang menggunakan aplikasi
MiLearn, data yang terkumpul diolah menggunakan software SPSS dan Excel. Kemudian hasil
perhitungan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) diperoleh hasil sebesar 80,41% yang berarti
agen MGM Bali cukup puas dengan kinerja aplikasi MiLearn

References

M. S. W.Lubis, “Berkat MiLean,

Kinerja Agen Manulife Kian

Produktif,†2020.

M. A. Yazid, S. H. Wijoyo, and R. I.

Rokhmawati, “Evaluasi Kualitas

Aplikasi Ruangguru Terhadap

Kepuasan Pengguna Menggunakan

Metode EUCS (End-User Computing

Satisfaction) dan IPA (Importance

Performance Analysis),†J.

Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu

Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8496–

, 2019, [Online]. Available:

http://j-ptiik.ub.ac.id

Asti Shofi Damayanti,

“MENGGUNAKAN METODE

EUCS ( END USER COMPUTING

SATISFACTION ) SKRIPSI

memperoleh gelar Sarjana Komputer

Disusun oleh :,†J. Pengemb. Teknol.

Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11,

pp. 4833–4839, 2018.

J. O. Ong and J. Pambudi,

“Importance Performance Analysis

Di SBU Laboratory Cibitung PT

SUCOFINDO (PERSERO),†J. Tek.

Ind. UNDIP, vol. IX, no. 1, pp. 1–10,

R. Ardista, “Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan PT. Langit Membiru

Wisata Bogor,†Parameter, vol. 6,

no. 1, pp. 38–49, 2021, doi:

37751/parameter.v6i1.160.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Desak Putu Ayu Aprilia, I Komang Dharmendra, Ni Kadek Mesi Damayanti, & Nyoman Ayu Nila Dewi. (2024). EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PELATIHAN DIGITAL ASURANSI MANULIFE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EUCS DAN IPA. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.3000

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.