Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Volume Penjualan Mobil Daihatsu pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar

Main Article Content

Dian Pangestu
Natalia Sri Endah Kurniawati
I Made Dwi Wira Ardana

Abstract

Abstrak

PT. Kharisma Sentosa Daihatsu merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif yang berfokus pada penjualan, servis, dan suku cadang merk Daihatsu. Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh hargai(X1) dan promosi (X2) terhadap volume penjualan (Y) mobil Daihatsu pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil dari uji T dengan nilai thitung untuk X1 (2,176) > ttabel (2,0067) dan tingkat signifikansi 0,009 > 0,005 dan thitung untuk X2 (3,338) > ttabel (2,0067) dan tingkat signifikansi 0,002 > 0,005, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variable harga (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar. Sedangkan hasil dari uji F dengan nilai Fhitung untuk variable bebas (harga dan promo) sebesar 25,847 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan Ftabel pada ɑ = 0,05 adalah sebesar 3,175 maka variabel harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar. Hasil analisis koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,479 berkontribusi sebesar 47,9%. Selisihnya sebesar 52,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar variable yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa harga dan promos berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar.

Kata kunci: Harga, Promosi, dan Volume Penjualan

Abstract

PT. Kharisma Sentosa Daihatsu is a company in the province of Bali engaged in the automotive sector which focuses on sales, service, and spare parts for the Daihatsu brand. This study aims to determine the effect of price (X1) and promotion (X2) on sales volume (Y) of Daihatsu cars at PT. Kharisma Sentosa Daihatsu in Denpasar. This type of researchi is quantitative research. The data analysis method used in this research is multiple regression analysis. Based on the results of the T-test with the tcount for X1 (2.176) > ttable (2.0067) and a significance level of 0.009 > 0.005 and tcountfor X2 (3.338) > ttable (2.0067) and a significance level of 0.002 > 0.005, it can be concluded that partially price (X1) and promotion (X2) variables have a positive and significant effect on sales volume (Y) at PT. Kharisma Sentosa Daihatsu in Denpasar. F-value calculated for the independent variables (price and promo) of 25.847 with a significance level of 0.000. While the F-table = 0.05 is 3.175, then the price and promotion variables simultaneously have a positive and significant effect on sales volume (Y) at PT. Kharisma Sentosa Daihatsu in Denpasar. The results of the analysis of the coefficient of determination (Adjusted R Square) of 0.479 contributed 47.9%. The difference of 52.1% is influenced by other factors that come from outside the variables studied. Based on the results of the research and discussion that have been described, it can be concluded that prices and promotions have a positive and significant effect on sales volume at PT. Kharisma Sentosa Daihatsu in Denpasar.

Keywords: Price, Promotion, and Sales Volume

Article Details

How to Cite
Pangestu, D., Kurniawati, N. S. E., & Ardana, I. M. D. W. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Volume Penjualan Mobil Daihatsu pada PT. Kharisma Sentosa Daihatsu di Denpasar. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadiksi/article/view/2347
Section
Articles