PROYEK PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL MELALUI SOCIAL MEDIA ADVERTISING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Latar belakang dari tugas akhir ini adalah sebagai respons terhadap kemajuan teknologi digital, berfokus bagaimana strategi promosi digital dapat membangun kesadaran masyarakat, mengidentifikasi dan menerapkan strategi media sosial untuk meningkatkan visibilitas, serta meningkatkan brand awareness Program Studi Manajemen Pemasaran Digita (D3) Universitas Dhyana Pura. Teori promosi, brand awareness, dan pemasaran media sosial, digunakan dalam tugas akhir ini. Tools Viral Marketing seperti Instagram, TikTok, dan Facebook dianalisis dari karakteristik dan strategi penggunaan digunakan untuk meningkatkan penyebaran informasi. Melalui strategi promosi digital di media sosial, proyek ini merancang dan mengimplementasikan kampanye promosi menggunakan konten kreatif seperti video, poster, dan reels. Hasil proyek menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan audiens dan jangkauan konten setelah pelaksanaan iklan berbayar. Proyek ini menjadi contoh pemanfaatan strategi digital marketing dalam dunia pendidikan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas secara efektif dan efisien. Evaluasi dilakukan melalui indikator engagement rate, jangkauan (reach), tayangan (impression), lokasi dan tingkat konversi. Analisis pada platform Facebook menunjukkan interaksi iklan poster 30 interaksi, iklan video 23.063 interaksi, Jangkauan iklan poster 142,500, iklan video 27.357, Tayangan iklan poster 180,300, iklan video 34.887, dan lokasi iklan poster mencapai 58.272, iklan video 8.860. Pada platform Instagram tayangan iklan poster 22.537, iklan video 27.338, jangkauan iklan poster 15.319, iklan video 17.155, dan lokasi iklan poster 29,2%, iklan video 52,8%. Dan platform Tiktok iklan video engagement 4.238, tayangan iklan video 21.325. Hasil dari pelaksanaan kampanye media sosial, menunjukkan peningkatan signifikan dalam interaksi, jangkauan, dan tayangan di berbagai platform.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aaker, D. A. (2020). Managing brand equity. New York: Free Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2023). Marketing management (16th ed.). Harlow: Pearson Education.
Sumarni, E., Rahmawati, D., & Hidayat, A. (2024). Social media advertising and youth trends. Journal of Digital Marketing Studies, 5 (2), 45–58. https://doi.org/10.xxxx/jdms.2024.52.45
Wardhana, L. (2021). Strategi pemasaran digital. Jakarta: Gramedia.