LANGUAGE DISORDER AND FEATURES RESPONSES OF MAIN CHARACTER IN THE “FORREST GUMP” MOVIE

Main Article Content

Yohana Febiola Widodo

Abstract

Artikel ini berjudul “gangguan Bahasa dan fitur respon autis pada tokoh utama film
Forrest Gump”. tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui gangguan Bahasa dan
fitur respon autis yang dialami oleh Forrest Gump. data diambil dari film Forrest Gump
yang dirilis tahun 1994 berupa ujaran tokoh utama yang menunjukkan adanya gangguan
Bahasa dan fitur respon autis yang ditunjukkan oleh tokoh utama. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini menerapkan teori Carrol
(2008) dalam gangguan Bahasa lalu pada fitur respon autis menerapkan teori Kanner
(2000). Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa jenis gangguan Bahasa ekspresif lebih
banyak dialami oleh tokoh utama yaitu ketergantungan pada frasa, kosakata terbatas,
terlalu mengguanakan kata tidak spesifik dan kesulitan menemukan kata. Sedangkan pada
fitur respon autis menujukkan bahwa tokoh utama lebih banyak mengalami fitur respon
tidak komunikatif dalam film ini.

Article Details

How to Cite
Yohana Febiola Widodo. (2023). LANGUAGE DISORDER AND FEATURES RESPONSES OF MAIN CHARACTER IN THE “FORREST GUMP” MOVIE. LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 9(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/litera/article/view/2542
Section
Articles

References

Bogdashina, O., 2005. Theory of Mind and the Triad of Perspectives on Autism and

Asperger Syndrome: A view from the bridge. Jessica Kingsley Publishers.

EDITION, F., CARROLL, D.W., 2008. Psychology of Language.

Indah, R.N., 2017. Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.

Indah, R.N., Rahman, A., 2008. Psikolinguistik: Konsep dan Isu Umum. Malang: UIN

Press.

Joffe, V., Cruice, M., Chiat, S., 2008. Language disorders in children and adults: New

issues in research and practice. John Wiley & Sons.

Kjelgaard, M.M., Tager-Flusberg, H., 2001. An investigation of language impairment in

autism: Implications for genetic subgroups. Language and cognitive processes 16, 287–