AUGMENTED REALITY PENGENALAN SENJATA PANCA DEWATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PASRAMAN DHARMA SENTANA KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS
Keywords:
Augmented Reality, Panca Dewata, Marker Based Tracking, Media PembelajaranAbstract
Panca Dewata merupakan salah satu materi pendidikan yang memiliki makna Lima Dewa sebagai
manifestasi Tuhan yang bertugas menjaga dan menguasai lima arah mata angina, yaitu yaitu Dewa
Iswara arah timur, Dewa Brahma arah selatan, Dewa Mahadewa arah barat, Dewa Wisnu arah utara, dan
Dewa Siwa pada posisi tengah. Pasraman Dharma Sentana Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas,
penyampaian materi panca dewata kepada peserta didik masih menggunakan media gambar yang sesuai
pada buku ajar. Menggunakan media dalam proses belajar dapat membantu meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik. Penyampaian materi ajar ke dalam multimedia interaktif dapat dikembangkan
dengan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality (AR) menjadi salah satu teknologi
multimedia terkini yang banyak di minati oleh generasi. Teknologi AR memungkinkan benda dua atau
tiga dimensi diproyeksikan ke realitas dalam waktu nyata. Penelitian ini telah berhasil merancang dan
membangun media pembelajaran interaktif Augmented Reality (AR) untuk pengenalan senjata Panca
Dewata. Aplikasi AR dikembangkan dengan metode Marker Based Tracking.
References
Arena, F., Collotta, M., Pau, G., & Termine, F.
(2022). An Overview of Augmented
Reality. In Computers (Vol. 11, Issue 2).
MDPI.
https://doi.org/10.3390/computers110200
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented
Reality. Presence: Teleoperators and
Virtual Environments, 6, 355–385.
http://www.cs.unc.edu/~azumaW:
Azuma, R. T. (2017). Making Augmented
Reality a Reality. Imaging and Applied
Optics 2017 (3D, AIO, COSI, IS, MATH,
PcAOP) (2017), Paper JTu1F.1,
JTu1F.1.
https://doi.org/10.1364/3D.2017.JTU1F.1
Eka Saputra, F., Panji Sasmito, A., & Wahid,
A. (2021). PENGEMBANGAN
APLIKASI PENGENALAN ALAT
MUSIK TRADISIONAL JAWA TIMUR
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
AUGMENTED REALITY BERBASIS
ANDROID. JATI (Jurnal Mahasiswa
Teknik Informatika), 5(2), 452–459.
https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3747
Hanani, M. W., & Supriyono, H. (2019).
Pembuatan Augmented Reality Sebagai
Media Informasi Peninggalan Sejarah
Pada Museum Keris. Eprints Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Haryani, P., & Triyono, J. (2017).
AUGMENTED REALITY (AR)
SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF
DALAM PENGENALAN BENDA
CAGAR BUDAYA KEPADA
MASYARAKAT. Simetris : Jurnal
Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu
Komputer, 8(2).
https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614
Hurst, W., Mendoza, F. R., & Tekinerdogan,
B. (2021). Augmented Reality in
precision farming: Concepts and
applications. In Smart Cities (Vol. 4,
Issue 4).
https://doi.org/10.3390/smartcities40400
Iqbal, M., & Arifianto, D. (2019). Analisa
Augmented Reality Dalam Aplikasi
Pengenalan Monumen Menggunakan
Unity-3D. Journal of Chemical
Information and Modeling, 53(9).
Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN
AUGMENTED REALITY SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan,
(2).
https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525
Ngurah Desnanjaya, I. G. M., & Arsana, I. N.
A. (2021). Home security monitoring
system with IoT-based Raspberry Pi.
Indonesian Journal of Electrical
Engineering and Computer Science,
(3).
https://doi.org/10.11591/ijeecs.v22.i3.pp
-1302
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented
Reality dalam Media Pembelajaran.
Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01).
Pakaya, N., Rahman tapate, A., Muchlis
Rahim, J. L., Panggulo, D., Botupingge,
K., & Bolango, B. (2019). Menggunakan
(Ar) Argumented Reality. Seminar
Nasional Teknologi, 2019(November).
Putra, I. K. A. A., & Putra, I. G. N. A. C.
(2021). Development of Augmented
Reality Application for Canang
Education Using Marker-Based Tracking
Method. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu
Komputer Udayana), 9(3).
https://doi.org/10.24843/jlk.2021.v09.i03
.p07
Saputra, F. E., Sasmito, A. P., & Wahid, A.
(2021). PENGEMBANGAN APLIKASI
PENGENALAN ALAT MUSIK
TRADISIONAL JAWA TIMUR
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
AUGMENTED REALITY BERBASIS
ANDROID. JATI (Jurnal Mahasiswa
Teknik Informatika), 5(2), 452–459.
https://doi.org/10.36040/JATI.V5I2.3747
Setiya Putra, Y. W., & Adhim, M. F. (2022).
Sistem Informasi Presensi Online
Menggunakan Teknologi Face
Recognition dan GPS. Jurnal Tekno
Kompak, 16(1).
https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1470
Sofian, D. I., Syarief, A., & Saidi, A. I. (2020).
PENGEMBANGAN APLIKASI
MOBILE PENGENALAN ALAT
MUSIK TRADISIONAL BETAWI
DENGAN MEMANFAATKAN
TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.
Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal
Ilmiah Magister Desain, 3(1), 1–14.
https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i1.8288
S, S. (2017). A Study of Software
Development Life Cycle Process Models.SSRN Electronic Journal.
https://doi.org/10.2139/ssrn.2988291
Syaldanis, & Agung Kharisma. (2020).
PENGENALAN ALAT MUSIK
TRADISIONAL BENGKULU
MENGGUNAKAN AUGMENTED
REALITY. Jurnal Processor, 15(2), 127–
https://doi.org/10.33998/processor.2020.
2.875
Wahyudi, A. (2018). Perancangan Sistem
Menggunakan Metode Sdlc. Jurnal
Dinamika Informatika, 4(2).
Yonov, N. (2019). School Atlas with
Augmented Reality. Proceedings of the
ICA, 2. https://doi.org/10.5194/ica-proc-
-150-2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.