AUGMENTED REALITY PENGENALAN SENJATA PANCA DEWATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PASRAMAN DHARMA SENTANA KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS

Authors

  • I Nyoman Alit Arsana

Keywords:

Augmented Reality, Panca Dewata, Marker Based Tracking, Media Pembelajaran

Abstract

Panca Dewata merupakan salah satu materi pendidikan yang memiliki makna Lima Dewa sebagai
manifestasi Tuhan yang bertugas menjaga dan menguasai lima arah mata angina, yaitu yaitu Dewa
Iswara arah timur, Dewa Brahma arah selatan, Dewa Mahadewa arah barat, Dewa Wisnu arah utara, dan
Dewa Siwa pada posisi tengah. Pasraman Dharma Sentana Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas,
penyampaian materi panca dewata kepada peserta didik masih menggunakan media gambar yang sesuai
pada buku ajar. Menggunakan media dalam proses belajar dapat membantu meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik. Penyampaian materi ajar ke dalam multimedia interaktif dapat dikembangkan
dengan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality (AR) menjadi salah satu teknologi
multimedia terkini yang banyak di minati oleh generasi. Teknologi AR memungkinkan benda dua atau
tiga dimensi diproyeksikan ke realitas dalam waktu nyata. Penelitian ini telah berhasil merancang dan
membangun media pembelajaran interaktif Augmented Reality (AR) untuk pengenalan senjata Panca
Dewata. Aplikasi AR dikembangkan dengan metode Marker Based Tracking.

References

Arena, F., Collotta, M., Pau, G., & Termine, F.

(2022). An Overview of Augmented

Reality. In Computers (Vol. 11, Issue 2).

MDPI.

https://doi.org/10.3390/computers110200

Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented

Reality. Presence: Teleoperators and

Virtual Environments, 6, 355–385.

http://www.cs.unc.edu/~azumaW:

Azuma, R. T. (2017). Making Augmented

Reality a Reality. Imaging and Applied

Optics 2017 (3D, AIO, COSI, IS, MATH,

PcAOP) (2017), Paper JTu1F.1,

JTu1F.1.

https://doi.org/10.1364/3D.2017.JTU1F.1

Eka Saputra, F., Panji Sasmito, A., & Wahid,

A. (2021). PENGEMBANGAN

APLIKASI PENGENALAN ALAT

MUSIK TRADISIONAL JAWA TIMUR

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

AUGMENTED REALITY BERBASIS

ANDROID. JATI (Jurnal Mahasiswa

Teknik Informatika), 5(2), 452–459.

https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3747

Hanani, M. W., & Supriyono, H. (2019).

Pembuatan Augmented Reality Sebagai

Media Informasi Peninggalan Sejarah

Pada Museum Keris. Eprints Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Haryani, P., & Triyono, J. (2017).

AUGMENTED REALITY (AR)

SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF

DALAM PENGENALAN BENDA

CAGAR BUDAYA KEPADA

MASYARAKAT. Simetris : Jurnal

Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu

Komputer, 8(2).

https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614

Hurst, W., Mendoza, F. R., & Tekinerdogan,

B. (2021). Augmented Reality in

precision farming: Concepts and

applications. In Smart Cities (Vol. 4,

Issue 4).

https://doi.org/10.3390/smartcities40400

Iqbal, M., & Arifianto, D. (2019). Analisa

Augmented Reality Dalam Aplikasi

Pengenalan Monumen Menggunakan

Unity-3D. Journal of Chemical

Information and Modeling, 53(9).

Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN

AUGMENTED REALITY SEBAGAI

MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal

Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan,

(2).

https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525

Ngurah Desnanjaya, I. G. M., & Arsana, I. N.

A. (2021). Home security monitoring

system with IoT-based Raspberry Pi.

Indonesian Journal of Electrical

Engineering and Computer Science,

(3).

https://doi.org/10.11591/ijeecs.v22.i3.pp

-1302

Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented

Reality dalam Media Pembelajaran.

Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01).

Pakaya, N., Rahman tapate, A., Muchlis

Rahim, J. L., Panggulo, D., Botupingge,

K., & Bolango, B. (2019). Menggunakan

(Ar) Argumented Reality. Seminar

Nasional Teknologi, 2019(November).

Putra, I. K. A. A., & Putra, I. G. N. A. C.

(2021). Development of Augmented

Reality Application for Canang

Education Using Marker-Based Tracking

Method. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu

Komputer Udayana), 9(3).

https://doi.org/10.24843/jlk.2021.v09.i03

.p07

Saputra, F. E., Sasmito, A. P., & Wahid, A.

(2021). PENGEMBANGAN APLIKASI

PENGENALAN ALAT MUSIK

TRADISIONAL JAWA TIMUR

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

AUGMENTED REALITY BERBASIS

ANDROID. JATI (Jurnal Mahasiswa

Teknik Informatika), 5(2), 452–459.

https://doi.org/10.36040/JATI.V5I2.3747

Setiya Putra, Y. W., & Adhim, M. F. (2022).

Sistem Informasi Presensi Online

Menggunakan Teknologi Face

Recognition dan GPS. Jurnal Tekno

Kompak, 16(1).

https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1470

Sofian, D. I., Syarief, A., & Saidi, A. I. (2020).

PENGEMBANGAN APLIKASI

MOBILE PENGENALAN ALAT

MUSIK TRADISIONAL BETAWI

DENGAN MEMANFAATKAN

TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.

Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal

Ilmiah Magister Desain, 3(1), 1–14.

https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i1.8288

S, S. (2017). A Study of Software

Development Life Cycle Process Models.SSRN Electronic Journal.

https://doi.org/10.2139/ssrn.2988291

Syaldanis, & Agung Kharisma. (2020).

PENGENALAN ALAT MUSIK

TRADISIONAL BENGKULU

MENGGUNAKAN AUGMENTED

REALITY. Jurnal Processor, 15(2), 127–

https://doi.org/10.33998/processor.2020.

2.875

Wahyudi, A. (2018). Perancangan Sistem

Menggunakan Metode Sdlc. Jurnal

Dinamika Informatika, 4(2).

Yonov, N. (2019). School Atlas with

Augmented Reality. Proceedings of the

ICA, 2. https://doi.org/10.5194/ica-proc-

-150-2019

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

I Nyoman Alit Arsana. (2024). AUGMENTED REALITY PENGENALAN SENJATA PANCA DEWATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PASRAMAN DHARMA SENTANA KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/3254

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.