PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KAHAYAN TENGAH KABUPATEN PULANG PISAU
Article Sidebar
Download : 45
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran memerlukan sebuah keterampilan belajar dan berinovasi. Keterampilan
tersebut berfokus pada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan kolaborasi
dalam pemecahan masalah, serta kreatif dan berinovasi. Penggunaan atau penerapan TIK menjadi
penting untuk diadopsi guna mencapai hal tersebut. Terlebih lagi siswa sekolah saat ini terlahir
sebagai generasi Z yang hidup di dunia serba digital. Peran TIK (Microsoft PowerPoint) dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini akan berfokus pada kreativitas siswa dalam
menjadikan TIK sebagai sumber belajar salah satunya adalah sumber belajar agama Hindu.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Teknik analisis data
mengunakan Uji N-Gain atau Normalized gain. Menghitung dengan N-Gain yaitu selisih antara
nilai Pre Test dan Post Test, agar diketahui efetivitas penerapan suatu metode pebelajaran agama
Hindu berbasi TIK. Hasil penelitian penerapan TIK (Microsoft PowerPoint) dapat meningkatkan
kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu. Peningkatan kreativitas siswa dapat
dilihat pada nilai rata-rata N-Gain tes kreativitas. Perolehan N-Gain Score pada kelas kontrol yaitu
0,34 dimana termasuk dalam kategori sedang dengan tingkat presentase tidak efektif yaitu 34%.
Selanjutnya, perolehan N-Gain Score pada kelas eksperimen adalah 0,56 (0.3 ≤ G < 0.7) dan
termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan presentase N-Gain Score ada pada rentang presentase
56 – 75 yakni masuk dalam kriteria cukup efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim,
M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas
Model OPPEMEI untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif
Mahasiswa. Journal of Education
Technology, 4(2), 150–160.
https://doi.org/10.23887/JET.V4I2.2534
Al Islam, P., Kemuhammadiyahan, D.,
Penggunaanya, D., Muhammadiyah, S.,
& Lenggono, P. W. (2019). Peran
Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam
dan Kemuhammadiyahan dan
Penggunaanya di SMP Muhammadiyah
Purwokerto. At-Ta’lim : Media
Informasi Pendidikan Islam, 18(1),
–178.
https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V1
I1.1612
Ardiansyah, Abd. A., & Nana, N. (2020).
Peran Mobile Learning sebagai Inovasi
dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Pembelajaran di Sekolah.
Indonesian Journal Of Educational
Research and Review, 3(1), 47–56.
https://doi.org/10.23887/IJERR.V3I1.2
Erin, A., Cahyani, M., Mayasari, T., &
Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul
Project Based Learning Berintegrasi
STEM Terhadap Kreativitas Siswa
SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika,
(1), 15–22.
https://doi.org/10.20527/JIPF.V4I1.177
Guilford, J. P. (1977). Way beyond the IQ.
Creative Education Foundation.
Handayani, S. A., Rahayu, Y. S., & Agustini,
R. (2021). Students’ creative thinking
skills in biology learning: fluency,
flexibility, originality, and elaboration.
Journal of Physics: Conference Series,
(1), 012040.
/1747/1/012040
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala,
A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H.
(2022). Relevansi Kurikulum Merdeka
Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era
Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL
ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024.
https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V
I2.2589
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020).
Pembelajaran Matematika melalui
Media Game Quizizz untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika SMP. GAUSS: Jurnal
Pendidikan Matematika, 64-73.
Na’im, Z., Luthfi, E., & Ahsani, F. (2021).
Peran Orang Tua Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Pembelajaran
Daring. PEDAGOGIKA, 12(1), 32–52.
https://doi.org/10.37411/PEDAGOGIK
A.V12I1.621
Ningrum, R., Rahman, T., & Riandi, R.
(2022). Penerapan STEM FROM
HOME dengan Model PjBL untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep dan
Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
SMP. PENDIPA Journal of Science
Education, 6(1), 299–307.
https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.1.
-307
Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan
Multimedia Interaktif Model Tutorial
dalam Pembelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN
Padang. Jurnal Literasiologi, -.
doi:10.47783/literasiologi.v5i1.181
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y.
(2019). Penggunaan Media
Pembelajaran Video terhadap Hasil
Belajar Siswa SD. Indonesian Journal
of Primary Education, 3(2), 64–72.
https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/
article/view/22103
Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan
Teknologi dan Komunikasi (Tim Editor
BP, Ed.). PT. Balai Pustaka (Persero).
Pandan Sari, D., & Kurnia, I. (2022). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman
Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 8285-8295.
Panggabean, F., Simanjuntak, M., Florenza,
M., Sinaga, L., & Rahmadani, S.
(2021). Analisis Peran Media Video
Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal
Pendidikan Pembelajaran IPA
Indonesia (JPPIPA), 7-12.
Pianda, D., & Rahmiati, R. (2020).
Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Dengan
Google Classroom Sebagai Kelas
Digital Berbantuan Aplikasi Geogebra.
Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Matematika, 93-111.
Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi
Hsb, M., Studi Magister Pendidikan
Matematika, P., Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, F., Jambi, U., Studi
Magister Pendidikan Kimia, P., Jambi
Jl Raden Mattaher No, U., & Jambi, K.
(2021). Pengembangan E-LKPD
Berkarakteristik Budaya Jambi
Menggunakan Model Discovery
Learning Berbasis STEM Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia :
Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),
–1264.
https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V
I2.629
Rizqy Heristama, A., Sholeh, M., & Geografi,
J. (2022). Efektivitas Penggunaan
Media Pembelajaran Video Tiktok
@Infobmkg Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran
Geografi Materi Mitigasi Bencana
Alam di Kelas XI IPS SMAN 2 Bae
Kudus. Edu Geography, 10(2), 59–66.
https://doi.org/10.15294/EDUGEO.V10
I2.59130
Rusman dkk. (2012). Model - Model
Pembelajaran. Raja Grafindo.
SARI, S. (2019). Literasi Media Pada
Generasi Milenial Di Era Digital.
Professional: Jurnal Komunikasi Dan
Administrasi Publik, 6(2), 30–42.
https://doi.org/10.37676/PROFESSION
AL.V6I2.943
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A.
(2021). The Influence of 4C
(Constructive, Critical, Creativity,
Collaborative) Learning Model on
Students’ Learning Outcomes.
International Journal of Instruction,
(3), 873–892.
https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351
a
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I.
(2020). Penggunaan Media
Pembelajaran Berbasis Teknologi,
Informasi, Dan Komunikasi Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Subtema
Lingkungan Tempat TINGGALKU.
Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan,
(1), 01–06.
https://journal.unpak.ac.id/index.php/pe
dagonal/article/view/1929 Trianggono, M. M., Ashadi, F., & Kurniawan,
M. U. (2022). Efektivitas Science
Video Project-Based Learning sebagai
Stimulan Kemampuan Berpikir Kreatif
Mahasiswa. edusaintek: Jurnal
Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3),
–610.
https://doi.org/10.47668/EDUSAINTE
K.V9I3.546
Utami, Munandar. (2009). Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. PT
Gramedia Utama.
Wardani, R. P., Fitriyah, C. Z., &
Puspitaningrum, D. A. (2021). Melatih
Keterampilan Berpikir Kritis, Dan
Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V
Melalui Pendekatan Saintifik. ALPEN:
Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86.
Yuliastuti, N. P., Sukajaya, I. N., & Mertasari,
N. M. S. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Creative Problem Solving
Berbantuan Media Berbasis Tik
Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Dalam Memecahkan Masalah
Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1
Bangli. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Matematika Indonesia,
(2), 171–179.
https://doi.org/10.23887/JPPM.V8I2.28
Yuniani, A., Irma Ardianti, D., Asri
Rahmadani, W., Kampus Meurandeh
No, J., Langsa Lama, K., & Langsa, K.
(2019). Era Revolusi Industri 4.0 :
Peran Media Sosial Dalam Proses
Pembelajaran Fisika di SMA.
GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika
Dan Sains, 2(01), 18–24.
https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/
article/view/1727