PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KAHAYAN TENGAH KABUPATEN PULANG PISAU

Main Article Content

I Made Pustikayasa
I Wayan Sindia Griya Danika
I Nyoman Alit Arsana
Ni Wayan Purnawati

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan sebuah keterampilan belajar dan berinovasi. Keterampilan
tersebut berfokus pada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan kolaborasi
dalam pemecahan masalah, serta kreatif dan berinovasi. Penggunaan atau penerapan TIK menjadi
penting untuk diadopsi guna mencapai hal tersebut. Terlebih lagi siswa sekolah saat ini terlahir
sebagai generasi Z yang hidup di dunia serba digital. Peran TIK (Microsoft PowerPoint) dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini akan berfokus pada kreativitas siswa dalam
menjadikan TIK sebagai sumber belajar salah satunya adalah sumber belajar agama Hindu.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Teknik analisis data
mengunakan Uji N-Gain atau Normalized gain. Menghitung dengan N-Gain yaitu selisih antara
nilai Pre Test dan Post Test, agar diketahui efetivitas penerapan suatu metode pebelajaran agama
Hindu berbasi TIK. Hasil penelitian penerapan TIK (Microsoft PowerPoint) dapat meningkatkan
kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu. Peningkatan kreativitas siswa dapat
dilihat pada nilai rata-rata N-Gain tes kreativitas. Perolehan N-Gain Score pada kelas kontrol yaitu
0,34 dimana termasuk dalam kategori sedang dengan tingkat presentase tidak efektif yaitu 34%.
Selanjutnya, perolehan N-Gain Score pada kelas eksperimen adalah 0,56 (0.3 ≤ G < 0.7) dan
termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan presentase N-Gain Score ada pada rentang presentase
56 – 75 yakni masuk dalam kriteria cukup efektif.

Article Details

How to Cite
I Made Pustikayasa, I Wayan Sindia Griya Danika, I Nyoman Alit Arsana, & Ni Wayan Purnawati. (2024). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KAHAYAN TENGAH KABUPATEN PULANG PISAU. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(3). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/3444
Section
Articles

References

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim,

M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas

Model OPPEMEI untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif

Mahasiswa. Journal of Education

Technology, 4(2), 150–160.

https://doi.org/10.23887/JET.V4I2.2534

Al Islam, P., Kemuhammadiyahan, D.,

Penggunaanya, D., Muhammadiyah, S.,

& Lenggono, P. W. (2019). Peran

Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam

dan Kemuhammadiyahan dan

Penggunaanya di SMP Muhammadiyah

Purwokerto. At-Ta’lim : Media

Informasi Pendidikan Islam, 18(1),

–178.

https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V1

I1.1612

Ardiansyah, Abd. A., & Nana, N. (2020).

Peran Mobile Learning sebagai Inovasi

dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa pada Pembelajaran di Sekolah.

Indonesian Journal Of Educational

Research and Review, 3(1), 47–56.

https://doi.org/10.23887/IJERR.V3I1.2

Erin, A., Cahyani, M., Mayasari, T., &

Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul

Project Based Learning Berintegrasi

STEM Terhadap Kreativitas Siswa

SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika,

(1), 15–22.

https://doi.org/10.20527/JIPF.V4I1.177

Guilford, J. P. (1977). Way beyond the IQ.

Creative Education Foundation.

Handayani, S. A., Rahayu, Y. S., & Agustini,

R. (2021). Students’ creative thinking

skills in biology learning: fluency,

flexibility, originality, and elaboration.

Journal of Physics: Conference Series,

(1), 012040.

https://doi.org/10.1088/1742-

/1747/1/012040

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala,

A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H.

(2022). Relevansi Kurikulum Merdeka

Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era

Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL

ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024.

https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V

I2.2589

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020).

Pembelajaran Matematika melalui

Media Game Quizizz untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika SMP. GAUSS: Jurnal

Pendidikan Matematika, 64-73.

Na’im, Z., Luthfi, E., & Ahsani, F. (2021).

Peran Orang Tua Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Pembelajaran

Daring. PEDAGOGIKA, 12(1), 32–52.

https://doi.org/10.37411/PEDAGOGIK

A.V12I1.621

Ningrum, R., Rahman, T., & Riandi, R.

(2022). Penerapan STEM FROM

HOME dengan Model PjBL untuk

Meningkatkan Penguasaan Konsep dan

Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

SMP. PENDIPA Journal of Science

Education, 6(1), 299–307.

https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.1.

-307

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan

Multimedia Interaktif Model Tutorial

dalam Pembelajaran Teknologi

Informasi dan Komunikasi Terhadap

Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN

Padang. Jurnal Literasiologi, -.

doi:10.47783/literasiologi.v5i1.181

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y.

(2019). Penggunaan Media

Pembelajaran Video terhadap Hasil

Belajar Siswa SD. Indonesian Journal

of Primary Education, 3(2), 64–72.

https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

article/view/22103

Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan

Teknologi dan Komunikasi (Tim Editor

BP, Ed.). PT. Balai Pustaka (Persero).

Pandan Sari, D., & Kurnia, I. (2022). Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman

Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada

Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 8285-8295.

Panggabean, F., Simanjuntak, M., Florenza,

M., Sinaga, L., & Rahmadani, S.

(2021). Analisis Peran Media Video

Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal

Pendidikan Pembelajaran IPA

Indonesia (JPPIPA), 7-12.

Pianda, D., & Rahmiati, R. (2020).

Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam

Pembelajaran Matematika Dengan

Google Classroom Sebagai Kelas

Digital Berbantuan Aplikasi Geogebra.

Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Matematika, 93-111.

Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi

Hsb, M., Studi Magister Pendidikan

Matematika, P., Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, F., Jambi, U., Studi

Magister Pendidikan Kimia, P., Jambi

Jl Raden Mattaher No, U., & Jambi, K.

(2021). Pengembangan E-LKPD

Berkarakteristik Budaya Jambi

Menggunakan Model Discovery

Learning Berbasis STEM Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),

–1264.

https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V

I2.629

Rizqy Heristama, A., Sholeh, M., & Geografi,

J. (2022). Efektivitas Penggunaan

Media Pembelajaran Video Tiktok

@Infobmkg Dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran

Geografi Materi Mitigasi Bencana

Alam di Kelas XI IPS SMAN 2 Bae

Kudus. Edu Geography, 10(2), 59–66.

https://doi.org/10.15294/EDUGEO.V10

I2.59130

Rusman dkk. (2012). Model - Model

Pembelajaran. Raja Grafindo.

SARI, S. (2019). Literasi Media Pada

Generasi Milenial Di Era Digital.

Professional: Jurnal Komunikasi Dan

Administrasi Publik, 6(2), 30–42.

https://doi.org/10.37676/PROFESSION

AL.V6I2.943

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A.

(2021). The Influence of 4C

(Constructive, Critical, Creativity,

Collaborative) Learning Model on

Students’ Learning Outcomes.

International Journal of Instruction,

(3), 873–892.

https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351

a

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I.

(2020). Penggunaan Media

Pembelajaran Berbasis Teknologi,

Informasi, Dan Komunikasi Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Subtema

Lingkungan Tempat TINGGALKU.

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan,

(1), 01–06.

https://journal.unpak.ac.id/index.php/pe

dagonal/article/view/1929 Trianggono, M. M., Ashadi, F., & Kurniawan,

M. U. (2022). Efektivitas Science

Video Project-Based Learning sebagai

Stimulan Kemampuan Berpikir Kreatif

Mahasiswa. edusaintek: Jurnal

Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3),

–610.

https://doi.org/10.47668/EDUSAINTE

K.V9I3.546

Utami, Munandar. (2009). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat. PT

Gramedia Utama.

Wardani, R. P., Fitriyah, C. Z., &

Puspitaningrum, D. A. (2021). Melatih

Keterampilan Berpikir Kritis, Dan

Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V

Melalui Pendekatan Saintifik. ALPEN:

Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86.

http://alpen.web.id.

Yuliastuti, N. P., Sukajaya, I. N., & Mertasari,

N. M. S. (2019). Pengaruh Model

Pembelajaran Creative Problem Solving

Berbantuan Media Berbasis Tik

Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Dalam Memecahkan Masalah

Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1

Bangli. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Matematika Indonesia,

(2), 171–179.

https://doi.org/10.23887/JPPM.V8I2.28

Yuniani, A., Irma Ardianti, D., Asri

Rahmadani, W., Kampus Meurandeh

No, J., Langsa Lama, K., & Langsa, K.

(2019). Era Revolusi Industri 4.0 :

Peran Media Sosial Dalam Proses

Pembelajaran Fisika di SMA.

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika

Dan Sains, 2(01), 18–24.

https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/

article/view/1727