PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MEMBACA AKSARA BALI MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Authors

  • Made Dona Wahyu Aristana
  • I Gede Made Yudi Antara
  • Lalu Tata Linggiang Raisahid
  • Dewa Ayu Putri Wulandari
  • I Dewa Putu Gede Wiyata Putra

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v10i4.3578

Keywords:

Aksara Bali, Game Edukasi, Game Development Life Cycle

Abstract

Aksara Bali merupakan warisan budaya yang memiliki nilai sejarah yang adiluhung bagi
masyarakat Bali. Aksara Bali sudah digunakan selama berabad-abad untuk menulis berbagai jenis
dokumen. Kemampuan membaca aksara Bali menjadi salah satu perhatian utama, untuk melestarikan
dan mewariskan kepada generasi muda. Di era perkembangan teknologi saat ini minat generasi muda,
khususnya siswa Sekolah Dasar untuk belajar aksara Bali semakin menurun. Hal itu disebabkan karena
metode pembelajaran konvensional, cenderung kurang menarik dan tidak relevan untuk siswa yang
sudah terbiasa dengan teknologi. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan pembelajaran
menggunakan game edukasi yang berfokus pada keterampilan siswa dalam membaca aksara Bali. Game
edukasi memberikan pendekatan yang lebih menarik dalam belajar membaca aksara Bali karena
menggabungkan unsur hiburan dan juga tantangan. Pengembangan game edukasi membaca aksara Bali
menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 (enam) tahapan, yaitu
Inisiasi (Initiation), Pra-Produksi (Pre-Production), Produksi (Production), Pengujian (Testing), Beta,
dan Rilis (Release). Berdasarkan hasil perhitungan pretest dan posttest menggunakan N-Gain yang
mendapatkan nilai sebesar 0.6811. Dilihat dari pedoman kategori N-Gain menunjukkan kategori
“Sedangâ€. Hasil perhitungan menggunakan SUS mendapatkan nilai sebesar 77. Berdasarkan skala
penilaian SUS berada di kategori “Baik†dan dapat diterima

References

I. D. A. M. dkk Sartini,

“Pengembangan Text to Digital Image

Converter Untuk Dokumen Aksara

Bali,†vol. 2, pp. 64–84, 2013.

N. Wirdiani, A. Kadek, A. A. K. A. C.

W, and D. Prateka, “Aplikasi Game

Edukasi Pasang Pageh Aksara Bali

Berbasis Android,†vol. 2, no. 2, pp.

–201, 2015.

P. Anggreni, “Jurnal Abdimas ADPI

Sosial Humaniora Pelatihan Aksara

Bali untuk Melestarikan Kearifan

Lokal di Pasraman Purnajati , Kota

Jakarta Utara,†vol. 5, no. September,

pp. 23–29, 2024, doi:

47841/jsoshum.v5i3.409.

E. K. Mahardika, G. Wiradharma, and

M. A. Prasetyo, “Implementasi dan

Evaluasi Pengembangan Gim Edukatif

Android untuk Anak Usia Dini dalam

Meningkatkan Literasi Budaya,†vol. 5,

no. 2, pp. 725–738, 2024, doi:

37985/murhum.v5i2.971.

A. Dinda Suci, D. Hendriawan, and R.

Naufal Arzaqi, “Pengembangan Game

Edukasi Melalui Construct 2 Sebagai

Media Alternatif Pengenalan

Keaksaraan Anak Usia Dini,†Murhum

J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no.

, pp. 740–751, 2024, doi:

37985/murhum.v5i1.654.

S. Y. Cheung and K. Y. Ng,

“Application of the Educational Game

to Enhance Student Learning,†vol. 6,

no. March, pp. 1–10, 2021, doi:

3389/feduc.2021.623793.

A. B. Adnin, Y. Rahmanto, and A. S.

Puspaningrum, “PEMBUATAN

GAME EDUKASI PEMBELAJARAN

KATA IMBUHAN UNTUK

TINGKAT SEKOLAH DASAR (

STUDI KASUS SD NEGERI

KARANG SARI LAMPUNG UTARA

),†vol. 3, no. 2, pp. 202–212, 2022.

R. Windawati and H. D. Koeswanti,

“Pengembangan Game Edukasi

Berbasis Android untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,â€Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1027–1038,

G. Petri, “How to Evaluate Educational

Games : a Systematic Literature

Review,†vol. 22, no. 7, pp. 992–1021,

H. Rosyid, M. Palmerlee, and K. Chen,

“Deploying learning materials to game

content for serious education game

development : A case study,â€

Entertain. Comput., vol. 26, no. March

, pp. 1–9, 2018, doi:

1016/j.entcom.2018.01.001.

N. N. Rahman, A. Hendrawan, F. I.

Kreatif, and U. Telkom,

“PENGAPLIKASIAN AKSARA

BALI,†2017.

P. A. Setiyawan, A. A. K. A. C. W, and

I. P. A. Bayupati, “Balinese Alphabet

Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran

Aksara Bali Berbasis Android Mobile

Platform,†vol. 2, no. 2, pp. 226–237,

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game

Development Life Cycle Guidelines,â€

pp. 978–979, 2013.

D. M. Luay, W. Apriandari, T.

Informatika, and U. M. Sukabumi,

“PENGGUNAAN METODE GDLC (

GAME DEVELOPMENT LIFE

CYCLE ) UNTUK,†vol. 10, no. 1, pp.

–48, 2024.

D. W. Ramadhan, B. Soedijono, and E.

Pramono, “PENGUJIAN USABILITY

WEBSITE TIME EXCELINDO

MENGGUNAKAN SYSTEM

USABILITY SCALE ( SUS ) ( STUDI

KASUS : WEBSITE TIME

EXCELINDO ),†vol. 04, pp. 139–147,

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Made Dona Wahyu Aristana, I Gede Made Yudi Antara, Lalu Tata Linggiang Raisahid, Dewa Ayu Putri Wulandari, & I Dewa Putu Gede Wiyata Putra. (2025). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MEMBACA AKSARA BALI MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(4). https://doi.org/10.36002/jutik.v10i4.3578

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.